Monday, July 10, 2023

Peristiwa Bus Purwo Widodo di Gunungkidul: Tabrak Tiang Listrik di Tanjakan Sriten

Kecelakaan yang melibatkan Bus Purwo Widodo di Gunungkidul terjadi ketika bus tersebut tidak mampu menanjak dan akhirnya menabrak tiang listrik. Kejadian ini terjadi pada Selasa, 10 Juli 2023. Kecelakaan ini merupakan kecelakaan tunggal yang terjadi di Jalan Rongkop - Bedoyo, Padukuhan Bedoyo Kulon, Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong, Gunungkidul. Bus Purwo Widodo memiliki rute Jogja - Wonosari - Praci - Baturetno

Kecelakaan ini menghebohkan warga setempat karena bus menabrak tiang listrik hingga menyebabkannya patah. Dilaporkan oleh akun @gunungkidul.update, kecelakaan Bus Purwo Widodo terjadi di Jalan Rongkop - Bedoyo, khususnya di tanjakan Sriten, pada Selasa sore.
Peristiwa Bus Purwo Widodo di Gunungkidul: Tabrak Tiang Listrik di Tanjakan Sriten

Bus telah dievakuasi, sementara itu pihak PLN setempat telah mengurus kondisi tiang listrik. Sebelumnya, Bus Purwo Widodo mengalami kecelakaan tunggal di Tanjakan Sriten, Jalan Rongkop - Bedoyo, pada Senin sore (10/07/2023). Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, tiang listrik mengalami kerusakan setelah tertabrak oleh bus yang bergerak mundur (diduga karena tidak mampu menanjak), seperti yang diinformasikan oleh @gunungkidul.update.


Kecelakaan ini bermula ketika bus yang sering digunakan untuk mudik dengan rute Giwangan - Pracimantoro melintasi Tanjakan Sriten. Diduga kuat, bus tersebut tidak mampu menanjak sehingga bergerak mundur. Sopir tidak dapat mengendalikan bus yang akhirnya tergelincir ke belakang.

Sayangnya, ada sebuah tiang listrik di belakang Bus Purwo Widodo. Tabrakan antara bagian belakang bus dan tiang listrik tidak dapat dihindari. Akibatnya, tiang listrik tersebut terbelah menjadi dua dan menabrak bagian atas bus.

Bagian belakang bus mengalami kerusakan parah. Untungnya, penumpang berhasil menyelamatkan diri dari kejadian tragis ini. Warga di sekitar lokasi juga mengalami pemadaman listrik untuk sementara waktu akibat kecelakaan ini.

Beruntungnya, tidak ada laporan korban jiwa dalam kecelakaan Bus Purwo Widodo di Gunungkidul ini. Proses evakuasi bus telah selesai dilakukan setelah berita ini diterbitkan. Meskipun demikian, perbaikan jaringan listrik masih sedang dilakukan.

Bus Purwo Widodo merupakan jenis bus yang dikenal oleh beberapa masyarakat Yogyakarta. Bus ini memiliki rute Jogja - Wonosari - Praci - Baturetno. Bus tersebut sering digunakan sebagai alternatif kendaraan untuk mudik oleh warga Jogja.

Beberapa warga memberikan komentar tentang bus ini. @Arif.mdit mengatakan, "Namanya juga bis, sudah sejak aku kecil." @ahmadeko31 mengungkapkan, "Ya Allah SWT, bis legendaris ini, angkatan pagi dari terminal." Itulah informasi terkait kecelakaan Bus Purwo Widodo di Gunungkidul hari ini yang menyebabkan tiang listrik terbelah menjadi dua.

Ada yang mengomentari, "Bukankah Bus Purwo Widodo sudah hapal dengan jalan dan medan di sana setiap harinya?" dari akun @glossy_is_journey. @akmalhandoyo10 berkomentar, "Bus andalan saya dulu saat saya pulang (berangkat pagi) dari Baran ke Giwangan pada tahun 2009." @toffan_hussein menulis, "Satu-satunya bus yang melayani rute Jogja-Wonosari-Wonogiri (terutama Terminal Giwangan-Wonosari-Semanu-Bedoyo-Rongkop-Pracimantoro-Baturetno)."

No comments:

Post a Comment